opinisukses.com

Kumpulan Artikel Bisnis Dan Gaya Hidup

Uncategorized

Usaha Kerajinan Gamelan Yang Tetap Bertahan Ditengah Pandemi

Usaha Kerajinan Gamelan Yang Tetap Bertahan Ditengah Pandemi

Banyuwangi – Pandemi virus Corona (Covid-19) yang merambah seluruh pelosok dunia, membuat perekonomian oleng. Tidak sedikit perusahaan berskala besar, menengah hingga usaha-usaha kecil yang mengalamo ‘down’ karena kondisi yang disebabkan pandemi saat ini.

Namun demikian, ternyata tidak semua usaha kecil yang mengalami penurunan. Malah sebaliknya. Salah satu yang termasuk ‘bertahan’ dan justru semakin banyak menerima pesanan adalah usaha kerajinan pembuatan gamelan ‘Rumah Produk Gamelan’ yang ada di Dusun Krajan Kulon, Desa Wonosobo, Kecamatan Srono.

Pemilik Rumah Produk Gamelan, Ridwan, mengatakan, usaha yang dikelolanya itu bukannya tidak terdampak sama sekali atas kondisi saat ini, namun tidak dampak yang dirasakannya tidak seberapa dibanding yang lain. “Kita juga kena dampak kok. Tetapi tidak seberapa bila dibanding yang lain. Salah satu dampak yang kita rasakan saat ini adalah pembayaran yang tidak tepat waktu dan sering molor,” jelasnya.

Tentang pesanan gamelan, menurutnya, masih tetap ada dan cenderung meningkat. “Yang terakhir adalah pesanan dari Papua,” ungkap Ridwan, yang memulai usahanya pada 2007 lalu.

Sampai aaat ini, kata Ridwan, produk Gamelannya sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk Papua. “Kita juga pernah melayani pesanan pembuatan Gong dari Italia,” kata Ridwan optimis. (b)


– Advertisment –

Share this post

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.